Jumat, 06 Januari 2012

Water Treatment: Perlakuan Aerasi



Apa itu aerasi? pertanyaan ini biasanya terlontar dari masyarakat yang memang awam tentang pengetahuan dan teknologi air. Baiklah bukan niat penulis menggurui di ruang ini, karena di era informasi ini banyak pakar air yang kian hari bermunculan dan dapat langsung di akses di dunia maya. Semoga manfaatnya dapat diambil masyarakat kita. Kita tahu karena air adalah sumber kehidupan.
Aerasi adalah proses perlakuan penambahan oksigen/udara kedalam air yang umumnya sumber air tersebut diketahui mengandung unsur Besi (Fe) dan Mangan (Mn). Sederhananya dengan cara air tersebut disemburkan sebelum ditampung di bak penampungan. Secara alami semburan air ini otomatis akan kontak dengan udara disekitarnya yang mengandung oksigen. Ilmiahnya reaksi antara Air dan Oksigen ini disebut aerasi. Perlakuan aerasi telah banyak dilakukan secara mekanis dan modern, alatnya disebut aerator.
Karakteristik fisik air yang perlu perlakuan aerasi:
1.Air berbau zat besi
2.Warna air dari mulai agak kekuningan sampai berwarna kuning 
3.Warna air sesaat dipompa/ditimba masih jernih, setelah didiamkan beberapa menit/jam/hari di bak penampungan warna air akan berubah menjadi kuning kehitaman.
4.Kandungan kimia air ini akan melekat di keramik kamar mandi: keramik menjadi kusam
5.Tidak membersihkan cucian, sebaliknya cucian setelah kering akan berwarna kekuningan.
6.Air teh yang diseduh dengan air ini akan berwarna kehitaman, ada lapisan seperti agar, dan berasa sepet jika diminum.

Sukabumi 07 Januari 2012
Ir.Iyus Yusup 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar