Kamis, 19 April 2012

Metoda Uji Kualitas Air

     Dari pengalaman selama ini beragam sekali metoda yang digunakan untuk uji kualitas air, dalam hal ini adalah uji kualitas untuk air bersih dan air minum. Ada yang menggunakan metoda konvensional dengan banyak perhitungan, metoda praktis secara digital dan komputerisasi, dan ada pula metoda komparasi membandingkan berdasarkan warna dari sampel analisis dan sampel blangko(sampel contoh) yang juga cukup praktis.
     Kombinasi dari metoda ini sepengetahuan penulis banyak diadopsi dalam metoda SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk uji kualitas air bersih/air minum sebagai salah satu syarat akreditasi suatu laboratorium di Indonesia yang diakui dan berbisnis menerima pengujian sampel dari konsumen. Dan aplikasi dalam ISO 17025 untuk laboratorium yang diakui secara internasional.
     Kepada sidang pembaca yang berkunjung ke blog ini, penulis ingin berbagi ilmu, seandainya para pembaca berkeinginan dan berminat untuk memiliki beberapa metoda untuk pengujian kualitas air bersih/air minum dalam suatu bentuk buku silakan ditunggu komentarnya/pesanannya. Buku metoda analisis untuk pengujian kualitas air bersih/minum ini berisi beberapa parameter uji seperti uji fisik (TDS, Kekeruhan dll), uji kimia (Fe, Mn, NO3, NO2, Zat Organik, dll), dan uji Bakteriologi (fecal coli). Metoda-metoda dalam buku pribadi ini, penulis pilih metoda yang cukup praktis sehingga siapapun dapat melakukannya asalkan disiplin mengikuti langkah-langkah prosedur kerjanya, dan agar mahir harus dilakukan secara berulangkali.
      Sekali lagi komentarnya ditunggu, atau bisa melalui email: iyusup36@yahoo.com

Sukabumi, 19 April 2012
Ir.Iyus Yusup




Tidak ada komentar:

Posting Komentar